70 Persen Pasar Bundling dikuasai Telkomsel

Diskusi yang digelar The Wireless Network, 31 Maret 2011, berlangsung di Ex Plaza, Jalan Jend Sudirman Jakarta mencatat jumlah pelanggan seluler GSM dan CDMA per akhir 2010 mencapai 240 juta. Telkomsel 95 juta, disusul Indosat 44 juta, XL 40 juta, Tri 16 juta, Esia 12 juta, Axis 9 juta, Fren 3 juta, Smart 3 juta, dan StarOne 550 ribu. Masing-masing operator menawarkan produk bundling. Namun, “Tujuh puluh persen pasar produk bundling dikuasai Telkomsel,” ujar Gideon E. Purnomo, VP Channel Management, Telkomsel.

Strategi penjualan kartu perdana yang dibundel dengan ponsel, mulai dikembangkan tak sekedar menitipkan kartu perdana di ponsel. Difresiansi produk dengan menanamkan aplikasi yang sudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pelanggan. “Operator mencium gelagat kebutuhan konsumen yang tidak hanya untuk menelpon (voice) dan sms, tetapi mulai mengarah kelayanan untuk aktivitas jejaring sosial, chatting, atau email,” tutur Uday, pengamat teknologi.

Sumber: http://www.eksekutif.com/node/290

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer